Cara Mencegah Keputihan Saat Hamil Yang Mudah Dilakukan

Cara Mencegah Keputihan Saat Hamil – Pada wanita masalah keputihan merupakan hal yang biasa terjadi apalagi pada ibu hamil. Itu karena pada ibu hamil terjadi perubahan hormon yang mengakibatkan keputihan semakin sering muncul dan juga bisa membuat ibu hamil tidak merasa nyaman saat beraktivitas.

Cara Mencegah Keputihan Saat Hamil

CARA MENCEGAH KEPUTIHAN SAAT HAMIL

Keputihan masih bisa dibilang normal selama keputihan tidak berbau, tidak terasa gatal, perih maupun berwarna putih dan bening. Namun perlu anda waspadai jika keputihan menunjukan tanda-tanda yang tidak biasa seperti berwarna aneh, beraroma busuk, cairan yang keluar menggumpal.

Jika tidak ingin beresiko mengalami keputihan yang tidak normal sebaiknya anda melakukan upaya pencegahan, supaya keputihan yang timbul tidak berbahaya.

Dibawah ini cara mencegah keputihan saat hamil yang bisa anda lakukan dengan sangat mudah. Berikut diantaranya :

  • Hindari Makanan Tidak Sehat

Makanan cepat saji atau junk food, makanan berpengawet, makanan manis, makanan dalam kemasan dan lain-lain. Jenis makanan tersebut harus dihindari karena dapat meningkatkan produksi hormon pada daerah kewanitaan.

  • Selalu Menjaga Kebersihan Organ Kewanitaan

Organ kewanitaan merupakan area sensitif sehingga harus benar-benar dijaga kebersihannya. Usahakan bersihkan setiap kali selesai buang air dengan membasuh dengan air bersih dari arah depan ke belakang.

Sebisa mungkin hindari pemakaian air tidak higienis untuk membasuh area kewanitaan jika menggunakan toilet umum.

  • Hindari Berendam Dengan Air Hangat

Berendam dengan air hangat memudahkan jamur berkembangbiak dengan cepat sehingga menyebabkan keputihan lebih mudah tumbuh.

  • Selalu Menggunakan Celana Yang Nyaman

Hindarilah memakai pakaian luar maupun dalam yang terlalu ketat. Sebaiknya gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat seperti bahan katun, jika pakaian dalam sudah terasa lembab dan basah usahakan segera menggantinya.

  • Membatasi Penggunaan Pantyliner

Penggunaan pantyliner secara berlebihan bisa mengakibatkan area kewanitaan menjadi lembab sehingga bakteri lebih mudah untuk berkembangbiak. Sebaiknya anda membatasi penggunaan pantyliner tersebut.

  • Selalu Mengeringkan Area Kewanitaan

Cara selanjutnya yaitu keringkan area kewanitaan setelah mandi dengan menggunakan handuk bersih sampai benar-benar kering. Hindari penggunaan tisu yang mengandung parfum atau tisu basah .

Itulah beberapa cara untuk mencegah keputihan saat hamil, disamping itu selain cara lain dalam mengatasi keputihan saat hamil yaitu dengan menggunakan cara alami lainnya.

Baca juga :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*