Efek Samping Cuci Darah Bagi Penderita Ginjal Kronis

Efek Samping Cuci Darah Bagi Penderita Ginjal Kronis

Efek Samping Cuci Darah – Metode cuci darah atau dialysis merupakan salah satu cara yang tempuh oleh penderita gagal ginjal kronis untuk menyaring darah. Langkah ini digunakan untuk menghindari penumpukan zat sisa metbolisme,cairan berlebih, racun dan juga komplikasi.Efek Samping Cuci Darah Bagi Penderita Ginjal KronisKarena penderita ginjal kronis kehilangan fungsi ginjal untuk menyaring darah dengan baik, oleh sebab itu cuci darah dilakukan sebagai langkah menggantikan fungsi ginjal sebagaimana mestinya.

Didalam cuci darah terbagi dua yaitu hemodialysis dan dialysis peritoneal.

Hemodialysis, metode ini menggunakan jarum yang dimasukan kedalam pembuluh darah untuk dihubungkan kemesin pencuci darah melalui selang. Pasien yang menggunakan cara ini membutuhkan waktu 4 jam dan 3 kali proses cuci darah dalam setiap minggunya.

Dialysis peritoneal, cara ini menggunakan selang kecil yang dipasang pada bagian perut,selang tersebut berisi cairan dialysis yang membantu meindahkan sisa metabolisme dalam darah untuk di bersihkan. Dialysis memakai lapisan perut sebagai filter dalam menyaring sisa metabolisme dalam darah

Meskipun cuci darah ini membawa manfaat untuk membantu fungsi ginjal namun akan ada sejumlah efek samping dari metode tersebut.

Efek samping cuci darah hemodialysis

  • Kulit mengalami gatal

Kondisi ini terjadi karena adanya penumpukan fosfor sehingga kulit menjadi gatal, kondisi ini memang umum terjadi pada hemodialysis.

  • Tekanan darah menjadi turun atau tinggi

Tekanan darah rendah umum terjadi apalagi jika penderita menderita diabetes, selain itu bisa menimbulkan beberapa gejala lain seperti :

  • Sesak nafas
  • Kram otot
  • Mual dan muntah

Namun tekanan darah juga bisa naik tinggi (hipertensi) apabila penderita ginjal mempunyai riwayat hipertensi.

  • Anemia

Kondisi seperti ini sering disebut dengan kurang darah, salah satu efek samping yang sering umum terjadi setelah melakukan cuci darah.

Baca juga : Manfaat Seledri Untuk Kesehatan Ginjal,Solusi Terbaik Hemat Biaya

  • Mengalami kram otot

Penderita yang sedang melakukan hemodialis biasanya bisa mengalami kram otot,jika terjadi seperti ini berikan kompresan hangat di area kram agar membantu sirkulasi darah lancar dan meredakan kram yang terjadi.

Efek samping cuci darah Dialysis peritoneal

  • Hernia

Hal ini terjadi karena adanya cairan yang menumpuk selama berjam-jam pada rongga peritoneal sehingga memicu hernia.

Penderita yang melakukan metode Dialysis peritoneal beresiko tinggi mengalami hernia.

  • Berat badan naik

Dialysis peritoneal berefek langsung pada berat badan yang naik drastis, karena cairan dialysis yang dimasukan kedalam tubuh memilki kandungan gula sangat tinggi.

Sehingga jika melakukan cara ini penderita dianjurkan melakukan diet sehta serta olahraga rutin agar berat badan terkontrol.

  • Peritonitis

Ini merupakan infeksi pada bagian peritoneum yang disebabkan oleh peratalan yang digunakan tidak streril.

Efek samping yang timbul pada setiap penderita tentunya berbeda, tapi tindakan cuci darah dinilai sangat penting bagi penderita ginjal kronis karena menggantikan fungsi ginjal yang sudah rusak.

By post : OBAT GINJAL KRONIS ALAMI DAN AMPUH

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*