Faktor Penyebab Anemia Yang Harus Anda Kenali

Faktor Penyebab Anemia – Anemia merupakan suatu kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin yang berguna menyebarkan oksigen keseluruh tubuh, orang yang mengalami anemia biasanya akan terasa letih dan mudah lelah sehingga tidak bisa melakukan aktivitasnya secara maksimal.

Faktor Penyebab Anemia

Faktor Penyebab Anemia

Kebanyakan kasus tanda anemia kerap tidak disadari oleh penderitanya sehingga anemia semakin terasa jika kondisinya semakin memburuk. Terdapat banyak kondisi yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami anemia, yaitu :

  • Pendarahan yang mengakibatkan tubuh kehilangan darah dengan cepat dibandingkan kemampuan tubuh memproduksi darah.
  • Tubuh kurang dalam memproduksi sel darah merah.
  • Kelainan tubuh yang menghancurkan sel darah sehat.

Selain itu beberapa faktor penyebab juga dapat meningkatkan seseorang mengalami anemia, seperti :

  1. Terlalu berlebihan dalam diet

Biasanya kaum wanita akan merasa cemas jika tubuh mereka terlalu gemuk sehingga untuk mengatasi permsalahan tersebut mereka melakukan diet.

Akan tetapi jika diet yang dilakukan secara berlebihan, cara itu bisa meningkatkan resiko terkena anemia jadi jika akan melakukan diet sebaiknya menggunakan diet sehat.

  1. Menstruasi

Wanita yang masih mengalami menstruasi memiliki resiko terkenan anemia dibanding wanita menopause atau wanita yang sudah tidak mengalami menstruasi dan juga pria, hal tersebut karena terjadi kehilangan darah saat menstruasi.

  1. Faktor Usia

Usia juga bisa menjadi penyebab anemia terutama lansia diatas 75 tahun, karena anemia terjadi saat tubuh kekurangan asam folat dan juga vitamin B12 dan itu umumnya terjadi ketika mengalami penambahan usia.

  1. Kehamilan

Ibu yang sedang mengalami kehamilan tidak mengkonsumi suplemen asam folat dalam jumlah yang cukup sehingga meningkatkan resiko terkena anemia karean hal tersebut.

  1. Penyakit yang sudah kronis

Seseorang memiliki penyakit kronis seperti gagal ginjal, kanker ataupun penyakit lain. Maka terjadinya anemia akan semakin meningkat, akibat tubuh yang kekurangan sel darah merah.

Selain itu luka yang terjadi pada organ dalam juga mengakibatkan tubuh kekurangan zat besi, jika tubuh sudah kekurangan zat besi tersebut tentu terkena anemia juga akan semakin meningkat.

  1. Faktor keturunan

Jika seseorang memiliki riwayat anemia maka kemungkian besar keturunannya dapat mengalami anemia, pada umumnya anemia karena faktor keturunan yaitu anemia sel sabit.

Anemia sel sabit yaitu bersifat genetik yang diakibatkan oleh pertumbuhan hemoglobin yang berbentuk bulan sabit karena pertumbuhan sel darah merah yang tidak normal.

Itulah beberapa faktor penyebab yang menimbulkan anemia yang harus kita waspadai dan tentu jika terkena anemia akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.( baca juga : Cara Mengatasi Anemia Secara Alami)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*