Hipertensi Akibat Penyakit Ginjal Kronis

Hipertensi Akibat Penyakit Ginjal Kronis

Hipertensi Akibat Penyakit Ginjal Kronis – Apakah anda sudah tahu, jika ginjal kronis yang tidak ditangani bisa mengakibatkan hipertensi ? sebab ginjal berserta peredaran darah merupakan dua komponen dalam tubuh manusia yang berhubungan satu sama lain.Hipertensi Akibat Penyakit Ginjal KronisSetiap hari ginjal menyaring lebih dari 115 liter darah untuk memproduksi 1-2 liter air yang terdiri dari cairan berlebih dan sisa-sisa sampah yang tidak berguna untuk tubuh.

Penyakit ginjal kronis merupakan gangguan pada ginjal yang sangat sulit disembuhkan, sebab ginjal tidak mampu lagi berkerja sebagai mana mestinya.

Bagaimana bisa penyakit ginjal kronis mengakibatkan hipertensi ?

Didalam ginjal terdapat jutaan pembuluh darah kecil yang berfungsi sebagai penyaring sisa produksi darah,jika pembuluh darah tersebut rusak akibat dari ginjal kronis maka ekstrak cairan dipembuluh darah meningkat sehingga tekanan darah akan tinggi.

Kerusakan pada ginjal mengakibatkan terganggunya tekanan darah,sebab jika pada ginjal sehat akan memproduksi hormon yang membantu mengatur tekanan darah.

Jika kedua gangguan tersebut terjadi maka akan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh, dengan ginjal akan mengalami kegagalan fungsi sehingga tekanan darah tinggi sulit diatasi.

Selain itu,kerusakan pada arteri nefron juga mengakibatkan nefron tidak menerima oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan, hingga akhirnya ginjal kehilangan kemampuannya untuk menyaring daraah dan mengatur cairan,asam, garam serta hormon.

Naiknya tekanan darah memang menjadi salah satu gejala munculnya penyakit gagal ginjal. Jadi bisa disimpulkan bahwa antara penyakit ginjal kronis dan hipertensi adal dua gangguan yang saling berhubungan erat.

Baca juga : Perawatan Penyakit Ginjal Kronis Yang Perlu Anda Ketahui

Untuk itu pentingnya menjaga kesehatan ginjal sangat dianjurkan untuk mencegah penyakit ginjal kronis sekaligus hipertensi.

Jika sudah terkena ginjal kronis penderita membutuhkan penanganan  lanjutan seperti cuci darah untuk mengurangi beban kerja ginjal atau melakukan tranplantasi ginjal menggatinya dengan ginjal yang sehat.

Cara menjaga ginjal agar tetap sehat yaitu :

  • Berolahraga dengan rutin
  • Mengkonsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayuran
  • Menjaga kadar gula
  • Memperbanyak minum air putih minimal 8 gelas perhari
  • Menghindari asap rokok dan berhenti merokok
  • Selalu mengecek tekanan darah

Hipertensi Akibat Penyakit Ginjal Kronis

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*