Komplikasi Ginjal Kronis

Komplikasi Ginjal Kronis – Ginjal merupakan salah satu organ yang penting bagi tubuh, berfungsi sebagai pengontrol tekanan darah, memproduksi sel darah merah, membersihkan darah, mengeluarkan produk limbah serta kelebihan air dalam tubuh.

Penyakit ginjal kronis yaitu berkurangnya kemampuan ginjal untuk menyaring racun, zat sisa, dan cairan berlebih dalam darah serta terjadi secara perlahan. Gejala ginjal kronis baru akan muncul setelah kondisinya sangat parah, karena ginjal mudah beradaptasi terhadap gangguan pada fungsinya.Komplikasi Ginjal Kronis

KOMPLIKASI GAGAL GINJAL KRONIS

Komplikasi bisa menjadi satu pertanda jika penyakit gagal ginjal sudah memasuki kondisi yang cukup serius, tentu berbagai macam komplikasi ini harus anda ketahui, agar dalam penagangan bisa dilakukan dengan cepat. Berikut beberapa komplikasi gagal ginjal kronis yang harus anda waspadai :

  • Anemia

Ginjal sebagai organ yang memproduksi sel darah merah, anemia dipicu oleh kerusakan ginjal. Jika ginjal rusak maka proses pembentukan sel darah merah terganggu dan menyebabkan penurunan produksi itulah yang menyebabkan anemia.

  • Serangan jantung

Ginjal yang seharusnya bekerja menyaring racun dan cairan lebih untuk dibuang mengalami penurunan fungsi. Akibatnya peningkatan cairan membuat jantung bekerja secara berlebihan sehingga bisa membuat kerusakan pada organ jantung dan menyebabkan kemampuan tubuh mengontrol kadar potasium berkurang yang menimbulkan serangan jantung.

  • Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Salah satu fungsi ginjal yaitu mengatur tekanan darah, ketika terjadi gangguan ginjal kronis kemungkinan besar hipertensi akan anda alami. Mendapat julukan sebagai silent killer itu karena hipertensi merupakan salah satu penyakit yang bisa membahayakan.

  • Kekurangan Nutrisi

Penderita ginjal kronis akan mengalami perubahan nafsu makan yang menurun sehingga membnuat berat badan menjadi berkurang. Kebutuhan nutrisi sangat diperlukan oleh tubuh, jika tubuh kekurangan asupan nutrisi itu akan membuat tubuh tidak akan bekerja secara optimal.

  • Tulang Menjadi Lemah

Ginjal kronis akan berpengaruh pada kepadatan tulang yang menurun, ini jarang terjadi pada stadium awal. Jika tidak segera ditangani akan menyebabkan tulang menjadi nyeri dan mudah patah.

  • Disfungsi Ereksi

Ini terjadi pada pria, penyakit ginjal kronis mengganggu sistem endoktron yang menyebabkan berkurangnya produksi testoteron yang merupakan hormon perangsang terbentuknya sperma dan sebagai fungsi seksual.

Ada beberapa faktor penyebab yang meningkatkan seseorang terkena penyakit ginjal kronis diantaranya faktor usia, faktor keturunan, jenis kelamin, pengunaan obat tertentu, makanan yang banyak mengandung lemak dan protein. Tentu kondisi tersebut sebisa mungkin harus dihindari, sebab betapa beratnya menghadapi penyakit ini.

Banyak cara mengobati ginjal kronis karena penderita yang sudah termasuk kedalam kondisi kronis sebaiknya harus berhati-hati karena komplikasi yang terjadi bisa memperparah kondisi kesehatan.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*