Manfaat Cuci Darah

Manfaat Cuci Darah (Dialisis)

Manfaat Cuci Darah (Dialisis) – Cuci darah merupakan suatu jalan bagi penderita penyakit gagal ginjal salah satunya gagal ginjal kronis. Karena penyakit ginjal kronis termasuk kondisi yang merusak juga menurunkan fungsi ginjal.

Manfaat Cuci DarahJika gagal ginjal sudah mencapai tahap kronis itu sangat berbahaya, sebab ginjal tidak mampu mengontrol jumlah air dalam tubuh, menyaring kotoran serta mengatur kadar garam juga kalsium dalam darah.

Apabila zat sisa metabolisme dalam tubuh didalam tubuh manusia terus mengendap, kondisi seperti itu sangat membahayakan.

Oleh karena itu bila kerusakan ginjal sudah mencapai kronis itu sangat sulit membaik, penderita harus menjalani cuci darah seumur hidup atau menunggu hingga transplantasi dilakukan.

Untuk penderita ginjal kronis cuci darah sangat di butuhkan untuk membantu fungsi ginjal agar tubuh tetap memiliki keseimbangan fungsi.

Selain itu cuci darah juga memiliki beberapa manfaat lain untuk penderita gagal ginjal seperti :

  • Mencegah penyakit komplikasi

Komplikasi yang di timbukan akibat ginjal kronis sangat berbahaya seperti serangan jantung, hipertensi, disfungsi ereksi dan lain lain.

Bila tidak cepat dilakukan tindakan cuci darah, darah yang sudah mengandung racun tersebut mempengaruhi kinerja organ tubuh lain sehingga bisa menimbulkan komplikasi. Dengan melakukan cuci darah, sisa-sisa metabolisme yang tidak berguna akan di bersihkan.

  • Memperpanjang harapan hidup

Seseorang yang sudah mengalami penyakit gagal ginjal kronis, sangat kecil sekali harapan ginjal dapat berfungsi kembali. Cuci darah adalah bentuk dari usaha penderita ginjal kronis dalam bertahan hidup walaupun harus dilakukan seumur hidup.

  • Mengurangi racun dalam tubuh

Seperti yang kita tahu jika penderita ginjal kronis mempunyai ginjal yang hampir tidak berfungsi, racun yang terdapat dalam darah tidak bisa disaring dan di keluarkan sehingga bercampur dengan darah. Dengan melakukan cuci darah racun tersebut dapat dikeluarkan, darah menjadi bersih kembali.

  • Cairan elektrolit menjadi seimbang

Cairan elektrolit meliputi natrium, magnesium, kalium, kalsium, fosfat jika terjadi gangguan pada ginjal cairan ini tidak akan seimbang, yang akan berdampak pada kesehatan tubuh.

Perlu diketahui penyakit yang harus melakukan cuci darah bukan hanya penderita gagal ginjal saja namun ada beberapa penyakit lain, seperti :

  • Kanker darah
  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes
  • Hyperkalamia

Cuci darah memang dapat membantu meringan penderita gagal ginjal, tetapi tidak bisa menyembuhkan secara total.

Namun dibalik manfaat tersebut mahalnya biaya cuci darah serta obat-obatan yang harus ditebus sangat memberatkan bagi pasien menengah kebawah. Untuk itu selain dengan melakukan cuci darah ginjal kronis juga bisa diatasi dengan cara tradisional yaitu dengan Obat Ginjal Kronis Alami.

Baca juga :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*